PC Talk : Bagaimana membuat teks nampak lebih menarik dengan menggunakan WordArt di Excel 2007

By | May 4, 2010

Posted in : http://support.microsoft.com/kb/942129/id-id

Skenario percakapan berikut ini memberikan tips bagaimana membuat teks agar nampak lebih menarik. Untuk keperluan ini Anda akan bekerja dengan menggunakan WordArt. Didalam scenario ini , Anda akan bekerja dengan Excel 2007. Selanjutnya, Anda juga dapat melakukan langkah-langkah yang sama di PowerPoint 2007.


Apakah kamu sudah menyelesaikan persiapan materi presentasi untuk besok?
Saya sudah mempersiapkannya materinya dengan menggunakan Excel 2007 dan PowerPoint 2007. Tapi tampilannya nampak sederhana sekali.
Hmm, apakah kamu sudah pernah mencoba WordArt? WordArt memungkinkanmu membuat huruf yang berwarna-warni, dalam bentuk tiga dimensi dan dapat membuat teks tampil lebih menarik.
Ah benarkah? Saya sedang membuka aplikasi Excel 2007 di komputer saya. Dapatkah kamu menjelaskan bagaimana cara menggunakan WordArt di Excel 2007?
Pertama, klik pada bagian Insert di Ribbon dan klik WordArt didalam group Text.

Muncul pilihan model-model huruf.

Berikut ini adalah pilihan model-model WordArt. Bisakah kamu klik sembarang model yang kamu sukai?
Hm, cukup sulit untuk memilih salah satu dari pilihan ini karena semua modelnya cukup menarik. Ok,saya akan menggunakan model ini.

Coba perhatikan apakah model WordArt yang kamu pilih sudah muncul di lembar kerja (worksheet)? Kamu akan melihat tulisan awal “Tulis Disini” (Your Text Here) sebagai penanda. Jika kamu mengetikkan huruf dibagian itu, maka tulisan awal itu akan hilang dan diganti dengan huruf yang kamu ketikkan.
Coba saya buka WordArt.
Tidakkah kamu pikir, bahwa kamu dapat dengan mudah membuat teks lebih menarik dengan menggunakan WordArt? Detail dari tiap desain dapat dimodifikasi lebih lanjut dengan menggunakan Text Fill, Text Outline dan Text Effects yang tersedia di tab Format.

Seandainya saya ingin menggeser atau memindahkan WordArt, bagaimana cara melakukannya?
Untuk menggeser WordArt, geser bagian pinggir dari WordArt. Dan untuk menghapusnya, klik area WordArt dan kemudian tekan tombol Del atau Backspace.
Berarti prosesnya sama dengan TextBox. Apakah saya dapat menggunakan WordArt di PowerPoint 2007 dengan cara yang sama?
Tentu saja. Di PowerPoint 2007, kamu dapat mengubah area teks menjadi WordArt dengan memilih area teks itu dan menekan tombol model di WordArt Style yang terdapat di tab Format.
Ternyata sangat mudah sekali. Mulai saat ini saya akan sering-sering menggunakan WordArt dalam dokumen saya.

Leave a Reply